Comments

Tuesday, July 30, 2013

Format RPP Kurikulum 2013

Posted by at 4:13 PM Read our previous post
Kurikulum 2013 yang mulai diberlakukan bulan Juli tahun 2013 memang menuai berbagai tanggapan. Ada yang menanggapi positif, akan tetapi tidak sedikit yang menanggapinya dengan negatif. Terlepas dari itu semua, kita sebagai pendidik dan peserta didik tidak perlu hanyut dalam pro-kontra Kurikulum 2013. Kita harus segera bangkit untuk menyambut, mempersiapkan, dan mengimplementasikan kurikulum baru ini.

Sebagai pendidik, tentunya kita akan disibukkan dengan persiapan pembuatan perangkat pembelajaran mulai dari standar kompetensi lulusan, kompetensi dasar dan kompetensi inti, silabus, paparan jam pembelajaran, dan RPP. Banyak pendidik yang masih terhenyak, entah mau memulai dari mana untuk mempersiapkannya, mengingat baru beberapa mapel yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah, yaitu: Bahasa Indonesia, Matematika, dan Sejarah. Mungkin ketika anda membaca artikel ini, sudah ada tambahan beberapa mapel lagi. Mapel yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah tersebut di atas sudah nyaris mendekati siap, mulai dari kompetensi inti dan dasar, silabus, RPP, sampai buku pegangan guru dan siswanya.

Pertanyaannya, bagaimana dengan mapel lain? Inilah yang menjadi tantangan bagi kita semua. Tidak mungkin kan, kita hanya akan menunggu silabus, RPP, dan buku pegangan dari pemerintah, yang notabene kita sendiri tidak yakin kapan akan selesai dipersiapkan. sedangkan di sisi lain, tahun pelajaran baru sudah dimulai, dan anak-anak sudah menunggu kita untuk menjadi teman belajar, fasilitator mereka dalam menuntut ilmu.

Oleh karenanya, dalam postingan kali ini saya ingin berbagi Petunjuk Pembuatan RPP Kurikulum 2013. Mungkin sedikit bebeda dengan yang ada di sekolah anda, akan tetapi saya yakin esensinya tetap sama. Dalam format kurikulum 2013 yang bisa anda download berikut, anda tinggal mengisikan field yang sudah disediakan. beberapa isian merupakan dropdown options yang cukup anda pilih saja.

Berikut screenshot format RPP nya:


Silahkan anda download dan modifikasi sendiri sesuai mapel yang anda ajarkan... ^_^
Anda bisa download di sini

Sekian postingan kali ini, dan selamat mempersiapkan serta mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang menantang kita semuanya.. ^_^

Salam...

8 comments:

  1. ini format apa ya mas , kq dropdown.nya gak bisa ..

    ReplyDelete
  2. Didownload dulu mas... Terus dibuka dan edit di MS Word... Thanks.... :-)

    ReplyDelete
  3. cara download ny gmna Mas?,,bhon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klin link "di sini" di posting di atas, terus didownload aja... ^_^

      Delete
    2. uda klik link "di sini" tp tak bs di download as doc atau rtf mas,,,, mohon pencerahan,,,

      Delete
    3. Link sudah diperbaiki. Silahkan dicoba lagi.

      Thanks. ^_^

      Delete

©2012 Belajar Bahasa Inggris SMA / SMK Online is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template
Ping your blog, website, or RSS feed for Free