Comments

Tuesday, July 9, 2013

Media Pembelajaran Interaktif - Lectora

Posted by at 4:42 PM Read our previous post
Salam pembelajar... :-)

Sebagai pendidik maupun peseta didik, tentunya kita menginginkan cara belajar yang efektif dan efisien. Hal ini dimaksudkan untuk mengakselerasi kecepatan belajar kita. Oleh karenanya kita memerlukan berbagai teknik dan sumber daya untuk dapat mencapai target belajar kita. Salah satu cara yang dapat kita tempuh adalah memilih media pembelajaran yang efektif dan efisien.

Media pembelajaran, seperti yang kita ketahui, berkembang terus menerus seiring bejalannya waktu. Dari batu sabak, kemudian ditemukannya kertas sehingga menjadi buku, sampai sekarang era kemajuan teknologi informasi yang sangat membantu kita dengan adanya internet.

Dalam kesempatan ini saya akan membahas salah satu media pembelajaran, yang cukup efektif (menurut saya), untuk kita gunakan dalam sarana belajar. Tentunya, sesuai dengan judul postingan ini, media pembelajaran yang kita gunakan sifatnya interaktif, atau dalam kata lain, saya lebih suka menyebutnya independent learning media. Dengan menggunakan media ini, peserta didik bahkan dapat meminimalisir peran guru, sehingga para guru bersifat fasilitator atau teman belajar.

Media pembelajaran yang saya maksud adalah Lectora. Media pembelajaran ini sangat mirip dengan Microsoft Office Powerpoint, yang tentunya sudah kita kenal sebelumnya. Lectora dikembangkan oleh Trivantis, dimana dengan menggunakan media ini, kita dapat menyatukan aspek-aspek dalam pembelajaran mulai dari perkenalan, standar kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kuis, sampai ujian kompetensi dalam satu paket media pembelajaran. Sehingga, siswa dapat belajar mandiri, sekaligus mengecek pemahaman mereka tentang sejauh mana mereka menguasai suatu kompetensi.

Berikut ini saya tampilkan screenshot dari Lectora yang pernah saya buat:




















Seperti yang dapat kita lihat, dalam Lectora terdapat menu navigasi yang memudahkan pengguna dalam belajar. Apabila seorang pengguna peserta didik belum memahami materi, dia dapat mengulang membaca materi kemudian mengecek nya dalam quiz atau ujian yang juga sudah tercantum dalam media tersebut.

Apabila anda, para guru atau pendidik, berkeinginan untuk mencobanya, anda dapat mencari nya di Google. Karena banyak sekali yang menawarkan link download aplikasi maupun panduannya... ^_^ Akan tetapi, apabila anda tidak berkenan mempelajarinya dan ingin yang instant, anda dapat menghubungi kami via email, kami siap membantu... ^_^.

Contoh Lectora di atas dapat anda download di sini

Sekian dan terima kasih... ^_^

Salam pembelajar...

8 comments:

  1. pak, bagus nih. Semoga bisa dimanfaatkan maksimal yaa...lanjutkan kreasin :Dya pak

    ReplyDelete
  2. I can't download this... Can u help to get this?? Am interest on it

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am very sorry... I think Ziddu is no longer available... I will upload it on different storage...

      Delete

©2012 Belajar Bahasa Inggris SMA / SMK Online is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template
Ping your blog, website, or RSS feed for Free