Comments

Thursday, October 24, 2013

Panduan Penyusunan RPP SD, SMP, SMA, SMK Kurikulum 2013

Posted by at 9:41 AM Read our previous post
Setelah sekian lama vakum dari dunia blogging, kini penulis kembali berbagi Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk guru SD, SMP, SMA, SMK berbasis Kurikulum 2013. Memang, Kurikulum 2013 ini belum diaplikasikan pada seluruh sekolah di Indonesia. Baru beberapa sekolah dalam satu kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai "pilot project" implementasi Kurikulum 2013 ini. Meskipun demikian, kita sebagai guru harus pro aktif menyambut dan mempersiapkan diri menghadapi era perubahan dalam pendidikan.

Mengapa RPP menjadi sedemikian penting? Selama ini, RPP -mungkin- berbasis pada kepentingan guru (teacher-minded), yang berguna sebagai kelengkapan administrasi pembelajaran ketika ada supervisi, monitoring evaluasi, kepentingan kenaikan pangkat, dan lain sebagainya. Di era 2013 ini, pemerintah sepertinya mencobaa merubah "mindset" para guru di Indonesia agar RPP ini lebih berpihak pada kebutuhan dan kepentingan anak dalam belajar.

Untuk menindak lanjuti hal tersebut, bagaimana sebenarnya prinsip-prinsip penyusunan RPP yang baik dan benar? Berbagai prinsip dalam mengembangkan dan menyusun RPP yang baik dan benar di antaranya sebagai berikut:

1. RPP disusun guru untuk menerjemahkan kurikulum yang berdasarkan silabus untuk direalisasikan dalam pembelajaran

2. RPP mendorong partisipasi AKTIF peserta didik

3. RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis peserta didik

4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

5. RPP mengandung unsur keterkaitan dan keterpaduan

6. Menerapkan teknologi dan informasi

Berikut screenshot panduannya:





Untuk filenya bisa di download di sini

Semoga pemerintah segera memfinalkan "rancangan" Kurikulum 2013 ini, sehingga kita sebagai pelaku di lapangan tidak kesulitan dalam mengimplementasikannya. Harapan besar ada di pundak Kurikulum 2013 ini, karena diharapkan dapat mendorong perubahan pendidikan di Indonesia dengan menjadikan peserta didik sebagai subyek belajar. Kita sebagai fasilitator, juga diharapkan cepat dalam merespon perkembangan pendidikan yang terjadi sehingga semuanya bisa berjalan dengan selaras dan lancar. Semoga kita selalu diberikan kekuatan dan kesabaran dalam mengemban misi mulia sebagai tenaga pendidik. Amin.

Salam... ^_^

2 comments:

  1. buat tmen2 yg g' mw report isi pulsa hp dan listrik, g' perlu keluar rumah, cukup hanya dari hp atau dari genggaman anda saja, untuk temen2 yg gila bisnis yg mw bikin konter pengisian pulsa hp dan listrik, tunggu apa lagi segera gabung di bisnis yusuf mansur ini, produk halal dan banyak keuntungan dan kemudahan kunjungi WEBSITE: KLIK DISINI
    terima kasih

    ReplyDelete

©2012 Belajar Bahasa Inggris SMA / SMK Online is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template
Ping your blog, website, or RSS feed for Free